Jumat, 25 September 2009

Apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan program affiliasi dengan blog pribadi?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Beri perhatian pada kebutuhan pengunjung blog Anda
    Beri perhatian pada kebutuhan visitor blog Anda. Jangan tergoda dengan mempromosikan produk-produk berlabel 'Best Seller' atau Hot Deals dari program afiliasi yang kita ikuti, tanpa mempertimbangkan kebutuhan dari pengunjung blog. Misalnya jika blog Anda adalah tentang tips sukses TOEFL, maka jangan memaksakan untuk mengiklankan Nintendo Wii kepada para pengunjung, karena hampir pasti mereka tidak akan tertarik dengan promosi Anda. Singkatnya, sesuaikanlah iklan-iklan anda dengan kebutuhan pdngunjung blog.

  • Pilih produk dan program affiliasi terbaik
    Setelah menentukan produk apa yang sesuai dengan pengunjung, langkah berikutnya adalah memilih produk dan program affiliasi terbaik yang bisa Anda promosikan. Untuk pemula, ada baiknya mengikuti program affiliasi yang sudah terbukti bagus, misalnya: Amazon Associates, Juction, ClickBank, Linkshare dll.

  • Teks Link dan bukan Banner Link?
    Memasang banner affiliasi memang lebih mudah, namun efektifitasnya jauh lebih kecil dibanding menggunakan text-link yang terselip di dalam posting. Cobalah memasukkan text-link produk affiliasi yang Anda ikuti ke dalam posting artikel yang Anda tulis. Tentu saja harur relevan antara link produk dan tema postingnya.

  • Memberikan Pilihan Lebih kepada Pengunjung Blog
    Ungkapan bijak yang klise namun benar adanya: "Don't put all your egss in one basket". Cobalah diversifikasikan arus pendapatan Anda dari bisnis online. Jangan terpaku pada satu program semata. Jika mungkin gabungkanlah dengan program affiliasi yang lain, atau bahkan dengan bisnis online yang lain. Namun demikian, tetap penting dicatat, agar blog pribadi Anda tidak terlalu kelihatan dijejali berbagai program. Bayangkan jika dalam satu posting terdapat 10 link affiliasi yang berbeda. Pengunjung pasti akan muak dan ahirny lari meninggalkan blog Anda.

  • Promosikan bersama waktu
    Kuncinya adalah jangan terlalu cepat berhenti berpromosi. Meskipun nilai earning yang anda dapatkan saat ini masih kecil atau malah tidak ada sama sekali. Cobalah terus menulis dan menyisipkan link affiliasi yang Anda ikuti. Seiring beqjalannya sang waktu, produk dalam link Anda banyak dicari orang dalam sebulan, dua bulan atau bahkan setahun setelah anda terbitkan.


Disadur dari buku "Menggali Harta Karun dari Internet" karya Roy Chandra Putra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar